Membangun Skill Non-teknis Membuat Lagu dengan Software Musik

Pada tutorial sebelumnya kita telah mempelajari teknis membuat lagu dengan software fruityloops. Perlu diingat menguasai kemampuan teknis saja belum cukup untuk dapat membuat sebuah lagu. Kita juga membutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang merupakan kemampuan non-teknis.

Kreatifitas dan imajinasi tidak dapat dibentuk tanpa dibekali basic membuat lagu yang cukup. Basic membuat lagu dapat dibentuk dengan mempelajari contoh lagu yang sudah ada. Setelah memiliki basic yang cukup di saat itulah kita dapat mengekspresikan kreatifitas dan imajinasi kita seluasnya.

Bagi yang sudah mengikuti tutorial teknis membuat lagu dengan Fruityloops dan masih bingung dari mana memulai membuat lagu dapat membaca sedikit pengalaman saya saat belajar membuat lagu berikut ini.
  1. Kumpulkan beberapa lagu-lagu favorit
  2. “Untuk apa lagu-lagu ini?”

    Lagu-lagu ini akan digunakan untuk menjadi contoh/panutan kita dalam membuat lagu.

    “Saya ingin membuat lagu yang original, bukan ngejiplak

    Bagi kita yang masih belum berpengalaman akan sangat sulit untuk membuat lagu. Pengalaman saya saat dulu mencoba membuat lagu seadanya justru akan membuat saya menjadi cepat bosan dan berujung hilangnya mood membuat lagu.

    Pada dasarnya, mempelajari bentuk lagu yang sudah ada hanya untuk menambah perbendaharaan pola lagu yang belum kita miliki. Seperti yang sudah sedikit disinggung di awal, kita harus memiliki basic berupa pola-pola dasar yang nantinya dapat kita kembangkan menjadi karakter lagu kita sendiri.

    Ibarat gelas kosong, kita harus belajar untuk menentukan jenis minuman apa yang ingin kita masukkan, apakah teh, kopi, sirup. Setelah menentukan jenis airnya kita harus belajar bagaimana cara membuat jenis minuman yang kita pilih dengan cara mencontoh cara membuatnya. Setelah tahu cara membuatnya, kita dapat memodifikasi jenis minuman sesuai selera kita dengan cara kita sendiri. Apakah lebih enak atau menghasilkan rasa yang sama dengan kopi yang kita jiplak? itu tergantung dari kreatifitas kita.

    Kesimpulannya kita harus membiasakan diri untuk menerapkan berbagai pola untuk membuat lagu. Setelah mengusai pola-pola tertentu kita dapat memodifikasi pola-pola tersebut dengan menggabungkan berbagai pola sehingga menjadi sebuah lagu yang completely original.

    “Kenapa harus lagu yang kita sukai?”

    Tentu kita akan lebih senang mendengarkan lagu yang kita sukai, bahkan terkadang kita berangan-angan untuk menjadi seperti artis/band yang kita idolakan. Dan tidak jarang musisi-musisi yang menjadikan idolanya sebagai influence musik mereka.

    Harapannya dengan menggunakan lagu-lagu ini dapat membuat kita lebih semangat untuk belajar membuat lagu. Sekali lagi, mencontek adalah hal yang lumrah untuk pembelajaran sebelum akhirnya secara perlahan kita membentuk karakter musik kita sendiri saat sudah mahir.

  1. Latih kemampuan menganalisa lagu

  2. Setelah kita mengenal dan sudah membiasakan diri dengan lagu-lagu yang kita suka sekarang waktunya untuk mengenal lebih jauh lagi. Kita harus melatih kemampuan menganalisa lagu-lagu yang kita dengarkan. Kemampuan ini adalah kemampuan untuk mengerti bagaimana memainkan instrumen yang terdengar hingga nantinya dapat kita terapkan pada lagu yang ingin kita buat.

    Untuk lebih jelasnya, contoh menganalisa lagu:

    1. Instrument Lagu
      • Jenis instrument
      • Temukan berbagai jenis instrumen yang terdapat dalam sebuah lagu (contoh: I Will Survive yang dibawakan Band Cake diantaranya terdiri dari instrumen gitar, bass, drum dan terompet). Proses ini akan mengasah sensitifitas pendengaran kita dan dapat menambah wawasan kita tentang berbagai macam instrumen.
      • Permainan setiap instrument
      • perhatikan pergerakan setiap instrumen, artinya kita tidak perlu bisa memainkan instrumen tersebut, kita hanya perlu memperhatikan perilaku permainan instrumen yang terdengar.
        (contoh: pola permainan pada hihat, kick, snare drum, kord gitar dan melodi)

    2. Waktu Lagu

    3. Pelajari waktu-waktu munculnya berbagai momen dalam sebuah lagu.

      contoh: waktu munculnya variasi, solo gitar, fill in dll.

    4. Bagian Lagu
    5. Perhatikan bagian dari sebuah lagu, misal sebuah lagu terdiri dari intro, verse, reff dan interlude. Pelajari urutan peletakan dan perubahan dari bagian-bagian tersebut.

      Contoh: umumnya lagu sederhana memiliki urutan bagian seperti berikut ini
      Intro > verse > reff > verse > reff > interlude > reff > ending

    6. Dinamika lagu
    7. Adanya dinamika sebuah lagu adalah penting karena akan membuat lagu menjadi lebih hidup dan dapat mempengaruhi perasaan pendengarnya. Sebagai contoh, pada bagian intro lagu tidak begitu dipenuhi dengan instrumen sehingga lebih terdengar sepi, namun di bagian akhir biasanya terdengar lebih penuh dengan instrumen karena bertujuan untuk memberikan suasana klimaks. Pelajari apa saja yang membentuk dinamika sebuah lagu.

  1. Praktek menerapkan lagu yang ingin kita contoh

  2. img source: APAGN
    Setelah menguasai tips-tips sebelumnya saatnya kita melatih kemampuan dengan langsung praktek menirukan lagu ke dalam software Fruityloops atau DAW lainnya.

    Kita dapat memulai dari mencontoh beat drum, pertama pilih suara drum yang menurut Anda paling menyerupai lagu referensi yang dipilih. Setelah itu fokus untuk menirukan beatnya per bagian dimulai dari intro, jika sudah berhasil lanjut ke bagian-bagian berikutnya. Lakukan hal yang sama pada instrumen lain yang dapat Anda temukan dari lagu referensi.

    Targetnya Anda dapat membuat lagu semirip mungkin dengan lagu referensi.

Dengan melakukan tips-tips di atas tentunya akan menambah perbendaharaan pola lagu yang kita miliki jika ingin membuat lagu. Jika sebelumnya Anda masih bingung bagaimana membuat variasi drum, setelah berhasil menirukan sebuah lagu, minimal Anda sudah bisa membuat satu jenis variasi drum hasil menirukan lagu referensi tersebut.

Banyak berlatih dengan mencoba mencontoh/membuat ulang lagu-lagu lainnya tentu akan memperkaya perbendaharaan bermusik Anda. Setelah perbendaharaan cukup banyak saatnya Anda membuat lagu Anda sendiri dengan menggabungkan perbendaharaan pola-pola yang sudah Anda kuasai.

Tips-tips ini adalah hal dasar yang harus kita latih secara kontinyu karena kemampuan dasar ini tidak dapat dikuasai dalam sekejap. Sebagai pemula, penting untuk basic membuat lagu jika ingin menjadi musisi atau music producer profesional.

Untuk Lebih jelasnya saya akan jelaskan praktek membuat ulang lagu menggunakan fruityloops pada artikel selanjutnya.

2 comments:

  1. GREAT!!!!!
    UAPIK TENAN!
    KSUWUN MASS!!!!

    ReplyDelete