Hidup Musisi Menjadi Lebih Mudah Bersama Indaba


Kita semua tau kemajuan teknologi internet saat ini berdampak besar dalam industri musik. Suka dan duka dari fenomena ini bisa dibilang cukup seimbang, di mana musisi kehilangan pendapatan dari maraknya pembajakan masal di internet, di sisi lain musisi menjadi mudah untuk memasarkan karya mereka ke ujung dunia sekalipun.

Berbicara tentang nilai plus dari fenomena ini, para musisi dapat berbahagia dengan hadirnya "Indaba Music" di dunia maya. Bagi yang belum tau Indaba Music, ada kesempatan luar biasa yang bisa kita dapat untuk berkarir musik. Penasaran?

Indaba Music (2007-2013) adalah sebuah wadah bagi musisi di seluruh dunia di mana mereka dapat berinteraksi satu sama lain untuk membangun jaringan, edukasi, kolaborasi dan segudang manfaat lainnya. Berikut ini pembahasan tiga fitur penting yang bisa membantu karir para musisi bersama Indaba. 

Online Collaboration

Online Collaboration adalah fitur utama yang ditawarkan oleh Indaba di mana kita dapat berkolaborasi dengan semua musisi di seluruh dunia dalam berkarya.


Sebagai contoh, Anda telah membuat sebuah lagu, namun Anda adalah seorang gitaris dan sama sekali tidak menguasai instrumen musik lainnya, Anda dapat meminta bantuan anggota Indaba lainnya untuk bersama-sama membuat lagu hingga menjadi lagu yang utuh. Dalam kasus ini Anda berinteraksi sebagai moderator sebuah “session” yang Anda publish dan siapa saja dapat bergabung dalam session yang Anda publish.

Selain menjadi moderator Anda juga dapat bergabung pada session yang diajukan oleh anggota lainnya. Session yang ditawarkan bisa bermacam-macam tergantung dari kebutuhan para anggota, remix lagu, menyumbang ide konsep lagu, membuat permainan sebuah instrumen dan sebagainya. 

Opportunities

Fitur ini juga menjadi salah satu yang dikejar-kejar oleh pengguna Platform Indaba Music. Indaba memberikan opportunities berbentuk kontes. Beragam kontes di antaranya kontes remix lagu-lagu populer dunia, menciptakan lagu, kompetisi mixing lagu dsb.


Banyaknya kontes yang tersedia dan selalu update dari hari ke hari dan yang lebih penting kontes ini bisa menjadi ajang pembuktian sampai di mana posisi musikalitas kita di antara semua anggota Indaba yang tersebar di penjuru dunia.

Opportunities pada Indaba Music tak hanya sekedar kompetisi, Indaba memberikan reward yang tidak main-main bagi pemenang setiap kontes. Reward bisa berupa uang tunai yang nilainya mencapai ribuan US dolar dan merchandise. Yang lebih menarik lagi hadiah juga bisa berupa kontrak rekaman dengan label terkemuka dunia. Tak hanya itu, masih banyak reward yang bisa membantu karir kita dalam bermusik. 

Indaba Music Licensing

Indaba menawarkan sebuah program kerjasama untuk membantu menjual musik yang dihasilkan para anggota. Siapapun dapat menyerahkan/submit lagu dengan genre apapun ke pihak Indaba untuk di-review. Indaba mensyaratkan kualitas rekording yang baik, itulah alasan review dilakukan, namun mengejar kualitas rekaman yang baik bukanlah suatu hal yang mustahil bagi kita bukan?


  
Salah satu lagu anggota Indaba Music yang berhasil menarik perhatian sebuah perusahaan untuk digunakan dalam iklan. By Andrew Foshee's "Gimme Space" for a series of OnStar ads.Read more about it here.

Keuntungan yang didapat dari program ini antara lain:
  1. Musik yang kita serahkan berkesempatan untuk didengar oleh pelaku Industri musik profesional di mana jika musik yang kita ciptakan berkualitas tentu akan dilirik.
  2. Menghasilkan pendapatan dari penjualan musik yang telah kita serahkan dengan pembagian keuntungan 50/50 dengan Indaba. (100% hak cipta milik kita).
  3. Mendapatkan masukan dari para anggota Indaba lainnya dan staff Indaba yang bisa menjadi pelajaran berharga untuk meningkatkan kualitas musikalitas kita.

Untuk bergabung, Indaba menawarkan tiga jenis keanggotaan yaitu Basic (free), Pro ($5/bln), Platinum ($25/bln). Dengan keanggotaan berbayar kita dapat mengikuti opportunities tak terbatas dan tempat penyimpanan lagu yang lebih banyak.

Indaba Music memberikan terobosan baru dalam dunia permusikan di mana mereka menawarkan sebuah alat dan jasa yang bermanfaat bagi siapa saja yang ingin berkarir musik. Dengan bentuk layaknya sosial media kita dapat berinteraksi dengan anggota musisi lainnya dan juga dapat lebih mengenal bahkan masuk ke dalam industri musik dunia.

More Info: Indaba Music 

No comments:

Post a Comment