Fruityloops Studio – Produksi Lagu Menjadi Lebih Mudah

Updated:  21 Oktober 2013

Saat ini siapa yang tidak menyukai musik, musik sudah menjadi bagian hidup dari banyak orang. Di manapun kita berada musik selalu menemani, di jalan, di rumah bahkan di tempat kita melakukan aktifitas rutin seperti di kantor hingga sekolah.

Perkembangan musik yang begitu pesat tak lepas dari perkembangan teknologi yang membuat musik dapat begitu mudah diciptakan. Dengan bantuan software musik para musisi dapat dengan mudah dan cepat mencurahkan kereatifitasnya. Hanya dalam hitungan jam sebuah lagu dapat tercipta secara utuh dan siap dinikmati oleh para penikmat musik.

Para pengembang software berlomba-lomba menciptakan software musik - yang selanjutnya akan disebiut Digital Audio Workstation (DAW) - untuk mendukung kebutuhan para musisi sehingga dapat dengan cepat menciptakan karya musiknya dengan kualitas yang baik.

Beberapa merek DAW terkemuka seperti Pro Tools, Cubase, Ableton, Reason dan lainnya terbukti ampuh menyokong kreatifitas para musisi. Selain itu, para komposer musik-pun juga menggantungkan profesi mereka pada DAW ini untuk kebutuhan musik lainnya seperti memproduksi musik dalam iklan dan film.

Selain merek DAW yang sudah disebutkan, salah satu merek yang cukup populer untuk membuat lagu adalah Fruityloops Studio (FL Studio). FL Studio ikut meramaikan industri musik sejak tahun 1998. DAW yang dibuat oleh perusahaan asal Belgia ini telah memberikan gebrakan baru dibandingkan dengan para pesaingnya.

Dengan tampilan yang user friendly dan fleksibilitas yang tinggi menjadi keunggulan utama FL Studio. Salah satu produser musik elektro/DJ terkenal Joel Thomas Zimmerman (Deadmau5) mengatakan, “I use Fruity Loops ’cause it’s really quick for some things”. Selain itu, produser terkemuka dunia seperti Alexander Grant (produser artis dunia seperti Rihanna, Eminem, Dr. Dre, B.o.B) juga memulai karir musiknya menggunakan DAW FL Studio.

FL Studio menampilkan user interface yang tidak membingungkan seperti browser plugin yang mudah dijangkau, tampilan mixer yang simple dan informatif ditambah fitur-fitur lain yang dapat memudahkan penggunanya.

Interface FL Studio 10. img source: www.image-line.com (klik untuk memperbesar gambar)
Fitur standar software musik tersedia secara lengkap, di antaranya fitur recording/merekam instrumen (FL Studio Producer Edition), instrumen virtual yang menyerupai instrumen aslinya dan plugin-plugin untuk mixing-mastering yang cukup memenuhi standar untuk memproduksi lagu secara profesional.

FL Studio sering digunakan oleh para musisi hip-hop dan elektronik karena musisi aliran ini banyak menggunakan instrumen-instrumen digital. Namun tidak menutup kemungkinan membuat lagu dengan menggunakan live instrument seperti yang diciptakan oleh musisi band atau jenis musik yang menggunakan instrumen analog.

Fitur-fitur yang ditawarkan FL Studio membuat software ini mudah untuk dipelajari bagi para pemula di dunia musik sekalipun. Itulah sebabnya saya menggunakan Fruityloops untuk memberikan gambaran mudahnya membuat lagu dengan menulis Tutorial Membuat Lagu yang dapat diikuti siapa saja.

Bosan cuma jadi penikmat musik? Ingin belajar membuat lagu sendiri? Menggunakan FL Studio dapat memberi kemudahan bagi para pemula yang ingin belajar musik dan membuat lagu. Selain itu, band baru dengan dana yang masih terbatas untuk membuat demo lagu memiliki peluang untuk memproduksi demo lagunya sendiri. Menggunakan FL Studio bisa jadi langkah awal yang baik untuk belajar membuat demo lagu sendiri.

Bagi yang ingin menekuni profesi sebagai music composer, arranger dan sound engineer dengan belajar secara otodidak tidak ada salahnya mempelajari FL Studio sebagai basic untuk mempermudah pemahaman awal, sebelum akhirnya beranjak ke DAW lainnya yang lebih kompleks.

Baru-baru ini Image-Line selaku perusahaan pengembang FL Studio telah merilis versi terbaru dari DAW ini, yaitu FL Studio 11. Penasaran apa saja fitur-fitur barunya? Saya telah mengulasnya pada artikel berjudul "Apa Saja Fitur Baru pada FL Studio 11?"

Untuk perkenalan Anda bisa download demo version FL Studio versi terbaru pada link di bawah:



Mau belajar bikin lagu? Ikuti step by step tutorial produksi lagu untuk pemula berikut ini:
  1. Apa itu Fruityloops?
  2. Panduan Instalasi Software Musik Studio Fruityloops
  3. Tips Meningkatkan Performa Komputer/Laptop Untuk Fruityloops
  4. Dasar Pembentukan Tangga Nada & Chord 
  5. Membuat Lagu Untuk Pemula dengan Software Fruityloops
Catatan: Saya telah membuat daftar isi yang sangat berguna untuk memberikan gambaran runtut secara keseluruhan dari tutorial membuat lagu dengan Fruityloops. Daftar isi tutorial dapat diakses melalui link berikut:

Daftar Isi Tutorial Membuat Lagu (Fruityloops)

5 comments:

  1. bang minta ijin tulisan ini buat bahan skripsi saya yakk
    maturnuwun :)

    @rhymemachineDVN
    reverbnation.com/rhymemachine

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah, jika dirasa relevan dengan skripsinya. sebarkan ilmu ini sampai ke negeri cina :D
      Tapi jangan lupa sumbernya ya mas.

      Thanks

      Delete
    2. sumber jelas dong mas :D

      btw tambah lagi artikel nya bang,web indo yg content nya bahas komputer musik kek gini jarang,padahal punya pengaruh besar buat perkembangan musik skrg,iy kan?

      @rhymemachineDVN
      reverbnation.com/rhymemachine
      Thanks

      Delete
  2. caranya jadiin full version gimana om?
    adakah crack atau patch atau semacamnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, maaf mas untuk full version harus beli asli ;) atau mungkin beli di toko2 software terdekat di kota anda. Untuk crack dan semacamnya pasti ada klo niat nyari, tapi demi kebaikan Blog ini saya tidak menyarankan mas menggunakan bajakan :)

      Trims

      Delete