Music Tutorial: Membuat Lagu Pemula dengan Fruityloops Part 4.2

Ini adalah tutorial lanjutan dari Membuat Lagu Pemula dengan Fruityloops Part 4.1. Artikel saya bagi menjadi dua bagian agar tidak terlalu panjang dan memusingkan. Mengatur konfigurasi input suara pada komputer sudah kita lakukan pada tutorial Part 4.1, mengaktifkan input suara hingga terdeteksi pada FL Studio juga sudah kita bahas, setelah suara masuk sekarang kita belajar bagaimana merekamnya.

Recording FL Studio

Setelah suara terdeteksi dengan benar oleh FL Studio, kita sudah dapat merekamnya dengan langkah-langkah yang akan dijeabarkan berikut ini:

Langkah 1

Pastikan playback telah Anda ganti ke “song mode”. Jangan gunakan ‘pattern mode’ saat ingin merekam. Panduan merubah playback mode ada di sini.

Langkah 2

Klik kiri tombol “record” pada ‘transprot panel’ (warna merah Gambar 11).

Gambar 11
Sesaat, akan muncul gambar seperti di bawah ini jika Anda klik record untuk yang pertama kalinya.

Gambar 12
Abaikan saja dan saran saya aktifkan tombol ‘Don’t ask this in the future’,  lalu close.

Langkah 3

Setelah “record” aktif (tombol menyala orange), Klik kanan pada tombol record, Anda akan melihat 4 pilihan yaitu "Automation", "Score", "Audio" dan "Record to step sequencer". Di langkah ini hanya centang "Audio" saja, hilangkan centang pilihan lainnya.

Langkah 4

Beralih ke mixer, masih ingat insert track tempat Anda mengaktifkan "input" yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelum ini? Jika lupa bisa dibuka lagi ya tutorial Part 4.1-nya. Dalam ilustrasi sebelumnya saya memilih insert track 1 untuk mengaktifkan "Input", jadi Anda juga sama pastikan di bagian bawah dari Insert Track 1 yang bernama “Track Recording Switch” telah aktif, letaknya seperti contoh Gambar 13 di bawah ini.
 
Gambar 13
Jika belum aktif, silahkan aktifkan dengan meng-klik “Track Recording Switch” tepat di bawah insert track pilihan. Saat Anda klik tombol ini, Anda diharuskan untuk memberi nama dari audio yang akan anda rekam. Tentukan lokasi di folder mana Anda ingin menyimpan audio file ini, lalu beri nama dan ‘save.’ Catatan: selalu aktifkan TRACK RECORDING SWITCH tepat di bawah Insert track yang inputnya telah diaktifkan. Jika Anda Aktifkan input di Insert track 8, Track Recording Switchnya tepat di bawahnya insert track 8

Langkah 5

Jika sudah save file audio silahkan tekan tombol play dan bersiaplah karena FL studio akan segera merekam saat playback berjalan. Mainkan lagu saat playback berjalan dan Klik tombol ‘stop’ untuk menghentikan recording kapanpun Anda diinginkan.

Gambar 14
Sesaat kita klik tombol ‘stop’ secara otomatis akan muncul channel baru (zona merah di gambar 14). Setiap channel yang muncul seperti pada gambar 14 mewakili setiap audio yang kita rekam.

Pada bagian playlist, juga akan muncul “audio clip” yang menggambarkan gelombang (wave) dari audio yang kita rekam. Posisi dari audio clip menyesuaikan secara otomatis, tentu saja Anda dapat memindahkan posisinya agar lebih rapih dan tidak membingungkan jika dirasa perlu.

Anda bisa rename setiap audio clip dan melakukan pengaturan dengan cara klik area yang saya beri warna kuning (Gambar 14) atau klik kanan pada channel dari masing-masing audio clip.

Catatan: rename lebih baik dilakukan saat mengaktifkan “Track recording switch”, karena jika Anda rename setelah terekam membuat nama audio clip yang tampak di projek FL Studio dengan nama file audio yang tersimpan di folder komputer Anda menjadi berbeda.

Rename melalui setting channel atau setting audio clip perubahan namanya hanya tampak di FL Studio, sedangkan nama sumber file audio (wave) tidak berubah pada folder directory harddisk, hal ini akan menyulitkan saat kita ingin mengorganisir data-data audio kita di kemudian hari.

Conclusion

Setelah tahu dasar merekam live instrumen, lengkaplah sudah kemampuan teknis mengoperasikan FL Studio. Dalam tutorial ini saya hanya mengajarkan cara paling dasar untuk dapat merekam audio, saya harap Anda terus belajar untuk mengembangkan hal-hal yang tidak saya bahas di sini.

Sebetulnya ada banyak jalan untuk merekam menggunakan FL Studio, nampaknya akan memusingkan jika semua saya bahas di sini. Sebelum saya akhiri, saya telah membuat sebuah lagu singkat sebagai contoh tutorial ini.



Pembuatan lagu ini menggunakan cara dan alat sederhana yang dibahas di sini, alat-alat yang saya gunakan adalah:

1.    Laptop: processor Core 2 duo @2.13GHz 2.13GHz, RAM 2GB
2.    Guitar Cort Solo Series
3.    Dynamic Microphone Philips SBM MD 150 (harga 120.000 IDR)

*semuanya direkam direct menggunakan kabel jack langsung ke laptop via line-in. Instrumen drum dan bass pada lagu menggunakan virtual instrument.

Hasilnya memang tidak bagus, tapi menurut saya cukup sebagai bukti bahwa dengan peralatan sederhana kita sudah dapat berkarya. Minimal Anda bisa membuat lagu dengan hasil rekaman seperti contoh lagu tersebut.

Tutorial ini adalah bagian terakhir dari “Tutorial Membuat Lagu Pemula dengan FL Studio”, terima kasih telah mengikuti tutorial ini dan stay tune di Loovo Blog untuk tutorial-tutorial berikutnya dan ikuti juga berita musik ter-update hanya di loovomusic.com.
Kunci dari keberhasilan membuat lagu ada pada kreatifitas masing-masing, pandai mengoperasikan DAW belum tentu dapat membuat musik bagus dan sebaliknya. Menjadi kreatif bukan hal yang tidak bisa dicapai, semua orang mengetahui, kemauan yang besar adalah kunci sukses untuk mencapai segala sesuatu, hal ini juga berlaku tentang sejauh apa kreatifitas ingin Anda kembangkan. Selamat Berkreasi.
Untuk melengkapi tutorial ini, silahkan mampir ke artikel-artikel berikut:
  1. Apa itu Fruityloops?
  2. Panduan Instalasi Software Musik Studio Fruityloops
  3. Tips Meningkatkan Performa Komputer/Laptop Untuk Fruityloops
  4. Dasar Pembentukan Tangga Nada & Chord 
  5. Membuat Lagu Untuk Pemula dengan Software Fruityloops

46 comments:

  1. rekam suara sambil jalanin musiknya bisa gan?

    ReplyDelete
  2. Bisa dong :) recording memang harus sambil jalanin musiknya sebagai guide supaya menyatu.

    Pastikan musiknya sudah dibuat sebelumnya menggunakan virtual instrumen, misal drum, piano dll. setelah itu baru rekam vokal atau gitar dengan guide drum dan piano yang sebelumnya udah dibuat. caranya udah lengkap di tutorial ini.

    tutorial cara buat drum dan instrumen virtual.

    Kalau masih bingung boleh tanya lagi :)

    ReplyDelete
  3. makasi bwat Mr.Admin yg udah bikin tutorial ini! ini sangat berguna bg sy yg sedang bereksperimen dg peralatan seadanya.

    ReplyDelete
  4. Gan, maaf mau tanya, ini lagu saya http://www.4shared.com/mp3/9QC9s0ok/Inspirasiku2.html
    Masalahnya, waktu saya rekam pake Mic philips kaya agan, kok musik 'kick' drum nya kedengeran double ya, tapi pas vokal/micnya saya matiin, suara kicknya normal lg.. knp ya gan?

    Juga vokal ane kedengeran kaya ga keluar ya ( tenggelem ) gitu gan, kaya kebanyakan bas gitu, ga nyaring suara ane,, mohon penjelasannya.. makasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gan, udah oke tu lagunya. Penjelasan pertanyaan agan:

      1. Setelah denger lagunya, cuma kick aja yg "double", saya berasumsi Agan merekam vokal menggunakan "insert track yang sama dengan suara KICK", (secara default suara kick masuk ke insert 1 [mixer]). Mungkin karna contoh yang saya berikan di tutorial bikinnya di insert 1, jadi Agan ngikutin itu. Solusinya, coba Agan rekam ulang tapi jangan gunakan insert 1 karena sudah dihuni oleh "kick", misal rekam di insert 6. Intinya pastikan insert mixer tempat Agan merekam gak ada instrumen yang menghuninya, cara ngeceknya buka mixer trus play lagu dari awal sampai akhir, kalau DB meter nongol ijo2 naik turun artinya berpenghuni Gan.

      2. Suara mendem itu karena faktor mic-nya Gan, namanya juga baru berlajar pake mic murah dulu hehehe, tapi saya denger hasil rekamannya bagus kok, gak banyak noisenya. untuk benerin suara mendem itu ada tekniknya Gan, pake efek "Equalizer". Tapi klo Agan mau lebih serius ya beli mic yg lebih bagus beserta alat2 pendukung lainnya. Tapi kalau masih belajar saya rasa maksimalkan dulu yang ada Gan.

      Segitu dulu penjelasannya. Selama mencoba :)

      Delete
    2. Oh gitu ya gan, wah jadi nambah ilmu nih ane :D
      Tapi ane denger suara dr mic agan, bagus ya..
      Oh iya gan, itu vokal ane di sebelah kiri udh bener kan? ane pilih yg stereo, soalnya di ane kebalik, yg stereo malah left, dan yg left malah stereo..
      Ane pengen belajar bass sama instrumen gitarnya gan, biasanya agan tambahin instrumennya disebelah mana?
      ane msh newbie bgt gan, tp pengen bgt bisa, hehe.

      Makasih banget gan ya atas penjelasannya! :D

      Delete
    3. Denger suara mic lagu yg mana Gan? klo untuk contoh lagu di artikel ini micnya sama kok Gan (philips), malahan hasilnya banyak noise gak kaya punya agan bisa clean, sebabnya karena listrik di rumah ngaco jd noise. Tapi klo untuk lagu contoh di artikel seblumnya saya pake alat2 tambahan dan mic khusus buat rekaman, jd rada niat hehehe.

      1. Untuk Lead vocal umumnya seharusnya di tengah, kalo Agan pgn berkreasi dijadiin di sebelah kiri ga masalah, Ga ada aturan bakunya kok gan bebas, Tapi klo dr penjelasan Agan kayanya ada masalah di pemilihan input mixernya ya? coba dibalik lagi Gan, pilih input supaya yang kerekam suaranya mono (di tengah), hmm klo bisa, boleh saya liat gambar screenshot monitor Agan sambil dibuka pilihan inputnya? gambarnya di-upload ke imagebam.com aja.

      2. Untuk gitar saya tdk menyarankan pake plugin, alasanya saya pribadi susah nyari plugin yg bisa menyerupai gitar aslinya, selain itu karena saya bisa main gitar mending rekam gitar aja hehe. Untuk bass udah ga ada masalah tuh ya di lagunya udah ada bassnya. Klo untuk mengaransemen tentang peletakkan instrumen sampe sekarang saya juga masih belajar. Saran saya banyak2 dengerin lagu orang aja Gan untuk sumber inspirasi, klo saya sih dulu awal2 nyontek cara orang naro instrumennya, paling dibelok2in dikit hehehe.

      Sampe titik ini Agan sudah di jalur yg benar, skrg eksperimen dulu yg banyak sambil belajar hal2 teknisnya pelan2. Nanti ningkat ke yg lebih sulit yaitu belajar Mixing supaya lagunya jd lebih ciamik.

      Delete
    4. Yg ini gan, yg pake mic philips, makanya ane ngikutin agan pake mic itu, bagus sih menurut ane..

      http://www.imagebam.com/image/6a2e5a277810601
      Itu gambarnya gan, jadi yg paling atas (stereo) tp pas dicoba malah vokal di left, trus yg kedua (left) malah jadi stereo, kayanya cuma salah nama doank kali ya gan..

      Oh, gitu ya gan, oke2 gan, ane akan terus belajar :D
      Udah mendingan sih ini lagu udah ane edit2..
      Oh iya gan, klo utk edit vokal (equalizer) adanya dsebelah mna gan?
      Makasih gan..

      Delete
    5. hmmm, harus disamakan persepsinya dulu kayanya Gan. Jadi gini, menanggapi cerita Agan sebelumnya:

      "ane pilih yg stereo, soalnya di ane kebalik, yg stereo malah left, dan yg left malah stereo.."

      Mungkin Agan salah pengertian tentang stereo dan mono. jadi di saat Agan pilih "stereo" suara yang muncul ada di sebelah "KIRI" itu karena mic yang kita pake (philips) dan semua mic lainnya termasuk jack instrumen pada umumnya outputnya "mono". Bisa dicek di colokannya cuma ada "satu garis hitam". sekarang bandingkan dulu dengan colokan stereo yang punya 2 garis hitam, bisa diliat di colokan earphone ato jack speaker.

      Setelah itu kita bicara tentang lubang tempat colokan dimasukin (input) di laptop atau komputer, umumnya lubang untuk "earphone dan mic itu stereo" Gan. Artinya di dalem lubangnya ada 2 titik yang bersentuhan dengan garis hitam di colokan yang td saya jelaskan.

      Jadi untuk left biasanya garis hitamnya ada di yang lebih deket ke ujung colokan, setelaah itu barulah garis hitam setelahnya itu right.

      Nah untuk kasus ini, karena mic yg kita pake mono (garisnya cuma 1), saat agan pindahkan input di FL ke stereo, dia hanya nangkep yg left aja, makannya agan cuma denger suara muncul di sebelah kiri. kekurangannya klo agan rekam bentuk gelombangnya (WAV) pincang sebelah, di saat agan ingin "panning" suara jadi ke sebelah kanan jadi gak bisa. jadi saya tidak merekomendasi ini.

      Saat kita pilih input FL Left ato input 1. FL hanya menangkap garis hitam yang di sebelah kiri aja. jd saat kita dengerin suaranya ada di tengah (suara di tengah bukan berarti stereo ya gan hehehe). jadi ttp Gan jgn pilih yg stereo ya. intinya sih begitu.

      Semoga Gak tambah bingung ya Gan :)

      Delete
    6. Wah, agan ini jelasinnya sampe detail bgt, hehe..
      ane jadi cepet ngerti nih, thanks banget gan..
      oiya ini lagu ane udh jadi, maaf berantakan, masih newbie, hehe..

      http://www.4shared.com/mp3/jk94SRMa/Putra_-_Inspirasiku.html

      Delete
    7. Iya dong, harus jelas Gan, biar gak sia-sia saya bikin tutorial panjang lebar. hehe

      Waahh, bagus Gan, udah lumayan mateng tu aransemennya. Tinggal ditingkatin lagi mixingnya. Insya Allah saya juga bikin tutorialnya Gan, ditunggu ya.

      Ke mana saya bisa kontak Agan? kapan2 saya pgn bikin halaman khusus nampilin karya2 lagu orang2 yg pada ngikutin tutorial ini. Lagu Agan juga masuk dong.

      Delete
    8. Hehe, sip gan, ane tunggu tutor mixingnya :D

      Bisa ke fb ane kok gan, www.facebook.com/agungagilsaputra
      add ane aja gan, biar ane bisa nanya2 lagi klo ada kesulitan, hehe..
      Ini soundcloud ane https://soundcloud.com/agung-agil-saputra

      thanks gan..

      Delete
    9. Sama2 gan, oh iya ini lagu ane yg udh diperbaiki https://soundcloud.com/agung-agil-saputra/inspirasiku-versi-band
      :D

      Delete
    10. jadi ada solusi ga untuk yang mono supaya bisa kedengaran di left dan right nya :)
      Trims ya

      Delete
  5. gan, mau nanya klo saya ngerekam suara saya,, trus klo mau diedit dan diperbaiki gmana caranya ya klo di FL? contohnya buat ngeperbaiki yg fals atau mau naikkin oktafnya bs ga y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bgt Gan, rekam dulu suaranya lalu setelah jadi masukin channel suara yg td terbentuk setelah merekam ke dalam mixer. Bebas di Insert Track manapun, cari yg kosong ya. Setelah itu gunakan efek "PITCHER". Silahkan bereksperimen dengan setting efeknya hingga sesuai harapan. Catatan: memeperbaiki suara fals harus tahu nada dasar dari lagunya, setting efek Pitcher kita rubah nada dasarnya sesuai lagu

      Lebih detail cara masukin channel ke mixer dan memberi efek ada di artikel PART 3:Memberi Efek pada Instrumen.

      Delete
  6. mas kalau laptop saya cuma ada satu lubang jack 3,5mm, memungkinkan ga mas buat rekaman??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung mas, satu lubang jack itu output (biasanya untuk nyolok headset/speaker) atau input (untuk mic)? Tapi umumnya kalo cuma satu biasanya output mas, tp untuk lebih yakinnya silahkan mas cek lagi ya :)

      Trims

      Delete
    2. sepertinya yang dilaptop saya output mas, apa masih memungkinkan?

      ohh iya mas, mau nanya juga, saya kemarin nyoba dengan menggunakan mic laptop langsung, suaranya sih masuk, tapi ngejelenging sekali, mengganggu banget, apa bisa dibersihkan noise tersebut? kalau bisa dengan cara atau menyeting apanya ya mas? terimakasih.

      Delete
    3. Ngejelenging itu biasanya karena feedback, terjadi karena suara yg masuk ke input mic keluar ke output(speaker), nah saat suara keluar dari speaker masuk lagi ke input akan menjadi feedback mas. Pertanyaanya, apa betul mas Rizqi menggunakan speaker laptop? jika betul, untuk menghindari feedback ini coba gunakan earphone atau headset mas. Dicoba dulu, klo masih "ngejelengin" kabar2 lagi ya mas :)

      Thanks

      Delete
  7. mas saya udah nyoba record tapi ko suara musicnya kecil ya???
    padahal suara vokalnya jelas???
    kira" kenapa ya mas...
    thanks by the way...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari penjelasannya berarti udah berhasil merekam ya?

      maaf mas, bisa dijelasin lebih detail lagi ya tentang musik yang kecil, kalau dari informasi yang mas kasih saya cuma bisa jawab supaya volume musiknya dibesarkan mas, atau sebaliknya volume vokalnya yang dikecilkan supaya "balance" dengan musiknya, setelah itu baru master volumenya dibesarkan supaya lagu (musik & vokal) volumenya besar :)

      Supaya lebih jelas, kalo ga repot mungkin mas bisa upload dalam bentuk video saat fruityloopsnya di"play" ke Youtube, jadi saya bisa dengar lagunya mas dengan jelas dan bisa lihat langsung tampilan fruityloopsnya mas

      Kalau sudah semoga saya bisa kasih solusinya. :)

      Thanks

      Delete
  8. mas maaf ganggu,
    saya mau rekam instrument gitar,tapi pas waktu rekam permainan nya ada yang salah,.gimana ya mas cara membetulkan nya tanpa merekam ulang dari awal ?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Yudi, Tergantung salahnya Mas. Kalau boleh tau salahnya gimana Mas Yudi?

      Delete
    2. salah di lead gitar nya mas,trus cara menhilangkan noise pada rekaman gitar nya gimana ya ?

      Delete
  9. nih mas lagu hanya intro yg saya buat,http://www.reverbnation.com/feelbadbeforesuicide
    tapi genre nya post hardcore,.gimana cara menghilangkan noise pada gitar nya ?
    mksh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas Yudi :) Hmmm, dari yg saya denger mungkin salahnya dari temponya aja ya.

      Gini mas Yudi, menurut saya lebih baik direkam ulang. Melihat dari kesalahannya, sepertinya perjuangan akan jauh lebih sulit dan memakan waktu jika memperbaikinya, lebih cepat kalau direkam ulang. Sekalian latihan main musik untuk rekaman mas ;)

      Solusi lain, untuk bagian gitar yang berulang bisa mas Yudi COPY, jadi mas Yudi cukup bermain atau merekam satu bagian saja, sisa bagian lainnya dicopy.

      Perlu diketahui, hasil rekaman yang baik adalah rekaman yang murni tanpa tersentuh editan secara digital. Walaupun memang jarang yg mentah-mentah membungkus rekaman apa adanya. Para Sound Engineer profesional sebisa mungkin meminimalisir penggunaan software musik, mereka lebih memilih mendapatkan sumber rekaman terbaik (permainan dan sound gitar misalnya). Biar bagaimanapun juga yang murni adalah yg lebih baik ketimbang tersentuh campur tangan digital.

      Sebab munculnya noise banyak mas. Bisa dari gitarnya, kabel jack, efek (jika menggunakan), bisa dari kelistrikan rumah dan bisa juga dari komputer atau laptop yang digunakan. Memang ada software untuk menghilangkan noise tapi saya tidak menyarankannya, karena membuat suara tidak natural. Solusi yg biasa saya lakukan adalah menyamarkan noise, salah satunya bisa menggunakan fitur automation di FL Studio.

      Segitu dulu ya mas Yudi, jika masih ada yg mau ditanyakan saya tunggu :) semoga membantu.

      Delete
    2. mkassih bgt mas,.sangat membantu penjelasn nya,.
      iya saya pakai alat seadanya jdi hasil rekaman gitar nya bgitu hehe tapi gpp buat pemula dan buat mendalmi nya hehe,.
      oia gimana ya cara meningkat kan performa komputer saya, mas hanya ngejelasin buat windows 7,.sedangkan saya msh windows xp,ap msh bisa buat di tingkatkan performa nya ,soal nya selagi mau take gitar sering bunyi2 gajelas gitu trus agak lemot ,padahl sudah pakai asio4all,mohon penjelasan nya ya mas ,maaf menggnggu hehe mksh :)

      Delete
    3. satu lagi mas,.saya kan merkam intrument gitar memakai edison, saat mau rekam saya jalanin musik lain sperti drum agar tempo nya pas tapi kenapa smua nya jadi ikut terekam ya mas,pdahal yg saya maksud hanya record gitar nya saja ,mhon di bantu ya mas hehe

      Delete
    4. Halo mas Yudi, gak ganggu kok mas hehe... saya coba bantu sebisanya ya.

      Performa Komputer:
      Tidak terlalu beda Mas walaupun menggunakan Windows XP. Khusus untuk mas Yudi, ikuti langkah ini ya:

      1. Kalau menggunakan laptop pastikan selalu gunakan charger untuk performa terbaik laptop saat menjalankan FL Studio.

      2. Coba buka FL Studionya, lalu buka Options > Audio settings dan klik pada tulisan "Show ASIO Panel". Jika sudah akan muncul window panel dari Asio4All (sebelum melakukan hal ini, pastikan asio4all sudah terpasang pada FL).

      Silahkan buka gambar ini mas Yudi:
      Asio Panel

      Silahkan mas Yudi geser Asio Buffer Size sampe mentok ke kanan, arahnya seperti di gambar.

      *cara ini mungkin membuat Latency jadi makin besar.

      EDISON:

      Bisa dijelasin sedikit lagi ya mas, kira2 di mana mas Yudi meletakkan plugin Edisonnya? Kalau saya terawang, mungkin masalahnya seperti di bawah ini:

      Perhatikan di mana mas Yudi meletakkan Edison, jika mas Yudi meletakkan Edison di master track (mixer) semua instrumen akan terekam. Jadi masukan edison hanya ke insert track di mana mas Yudi mengaktifkan input sebagai sumber masuknya suara gitar mas Yudi.

      Segitu dulu Mas tanggapan saya :)

      Terima Kasih

      Delete
    5. ohh gitu mas,mkasih ya mas
      iya saya sudah meletakan edison nya di bagian track gitar nya bukan di master,jadi maksud saya,record gitar dengan mendengar kan musik lain nya agar guide nya pas gitu,tapi yg saya bingung kenapa suara drum itu ikut masuk ke dalam edson mas

      Delete
    6. Coba dicek lagi ya mas Yudi, mungkin Instrumen drumnya juga masuk ke track yang sama dengan track gitar. Karena Edison hanya mengambil sumber suara dari track di mana dia berada.

      Delete
  10. maas gmna si cara suara hasil take gitar nya supaya jernih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ngejar jernih dengan peralatan seadanya agak susah mas Yudi. Mungkin mas Yudi udah harus mulai mempertimbangkan beli SoundCard eksternal untuk keperluan rekording :)

      Delete
    2. iya saya udah ad niat,.kira2 harga nya brpa ya mas,?

      Delete
    3. Harganya bervariasi mas Yudi. Tapi untuk permulaan saran saya beli yang murah-murah dulu aja Mas. Harganya di kisaran 1jt-1.5jutaan :)

      Delete
  11. ohh gitu ya mas oke deh,.mkasih ya mas atas info nya hehe
    oia boleh minta contact person nya ga biar bisa nnya2 dan sharing2 hehe klo tidak keberatan :)

    ReplyDelete
  12. Mas admin tanya ya
    Saya recording gitar tapi saya lupa untuk dipindahkan ke insert jd masternya berubah jadi record mengembalikan lagi jd master kayamana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya Mas Toni, baru sempat membalas, semoga udah terjawab pertanyaannya. Kalau belum, penjelasannya sebagai berikut:

      Setiap insert track bisa menjadi record track termasuk master track, syaratnya, sperti di tutorial Part 4.1, "Audio input source" harus kita tentukan terlebih dahulu.

      Nah kalau Mas Toni pgn Master Track kembali normal, "Audio Input Source" pada master track harus dikembalikan menjadi "none". bisa dicek lagi di tutorial Part 4.1. Semoga membantu.

      Thanks

      Delete
  13. mas ,mau tanya kalo merekam gitar akustik langsung dengan mic gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya sama seperti merekam vokal mas. Istilahnya micnya ditodongin ke gitarnya. Langsung deh jreng...Sebenernya lebih bagus pake mic khusus merekam instrumen, Tapi gak masalah mas kalau mau eksperimen dan memaksimalkan peralatan yang ada sebelum meningkat ke peralatan yang lebih serius. Semoga membantu.

      Thanks

      Delete
  14. om kalo cara ngasih vocal nyanyi kaya musik funkot tu gmana? maksih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rifky, mohon maaf Mas, jujur saya tidak menguasai aliran Funky House. Tapi kalau dari pengalaman mendengar musik genre ini, spertinya maksud pertanyaan mas Rifky, vocal dengan nada pitch up atau nada lebih tinggi.

      Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, supaya tidak mubazir, apa betul vokal seperti itu yang mas Rifky maksud?

      Thanks

      Delete
  15. selamat sore mas, saya mau tanya untuk membuka file project yang kita simpan dengan format .flp dengan fl studio versi demo gimana caranya ya mas? apa memang harus pake full version,

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru menanggapi. Betul mas harus Full Version

      Delete