Music Tutorial: Membuat Lagu untuk Pemula dengan Software Fruityloops

FL Studio user interface. Img source: image-line.com
Updated: 21 Oktober 2013

Catatan: Bagi pengunjung yang menggunakan tampilan Mobile View disarankan untuk pindah menggunakan tampilan Desktop Version demi kelancaran mengikuti tutorial ini.
"Hobby musik? Mau jadi musisi? Mau bisa bikin lagu seperti artis-artis idola kita? Apakah Anda seorang anak band yang hanya memainkan lagu orang lain? Duit habis untuk rekaman demo di studio? Apakah Anda musisi profesional yang belum mengerti pengoperasian software musik untuk membuat karya-karya Anda menjadi ada wujudnya? Jika semua jawabannya adalah “ya” sudahlah tepat Anda sekarang berada di sini.”
Kali ini saya ingin sharing tutorial membuat lagu menggunakan software musik (DAW) Fruityloops. Bagi yang masih bingung apa itu Fruityloops bisa baca artikel Fruityloops Studio – Produksi Lagu Menjadi Lebih Mudah.

Pembahasan tutorial akan dilakukan dengan metode praktek langsung menggunakan software Fruityloops. Saya akan menggunakan audio, video dan gambar sebagai alat bantu yang berguna untuk mempermudah pemahaman.

Tutorial ini ditujukan bagi siapapun yang ingin bisa membuat lagu menggunakan software musik. Para pemula di dunia musik jangan khawatir, Anda juga bisa ikutan belajar. Tutorial akan dijelaskan dengan bahasa sederhana yang akan mudah dimengerti bagi para pemula sekalipun.

Mengingat luasnya cakupan tutorial, maka saya akan membagi tutorial menjadi beberapa bagian dan akan ditampilkan secara bertahap. Berikut ini materi yang akan saya berikan:

Catatan: Saya telah membuat daftar isi yang sangat berguna untuk memberikan gambaran runtut secara keseluruhan dari tutorial membuat lagu dengan Fruityloops. Daftar isi tutorial dapat diakses melalui link berikut:

Daftar Isi Tutorial Membuat Lagu (Fruityloops)


Basic Tutorial

PART 1    Membuat Beat Drum Menggunakan Fruityloops

Pembuatan Drum diletakkan pada tutorial pertama karena drum merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah lagu, selain itu mempelajari penerapan drum menggunakan Fruityloops bisa membantu kita untuk mengerti basic dari Fruityloops yang dapat berguna untuk materi di bagian selanjutnya.

PART 2    Pembuatan Nada Menggunakan VST Plugin

Plugin VST
Plugin Picker FL Studio, ada banyak instrumen digital yang bisa kita pilih untuk menggantikan live instrumen. Plugin ini diantaranya adalah VST plugin

Virtual Studio Technology (VST) Plugin adalah software terpisah yang bisa digunakan bersamaan dengan software musik. Plugin tambahan ini berfungsi sebagai Virtual Instrumen yang dapat menghasilkan suara sebagai suara instrumen. Beberapa VST Plugin dapat memiliki suara yang menyerupai alat musik aslinya. Selain menyerupai berbagai alat musik VST juga digunakan para produser musik dan musisi untuk menciptakan suara-suara dalam lagu jenis elektronik, hip-hop dll.

Dalam tutorial sesi ini kita akan belajar menggunakan VST Plugin/Plugin Instrumen bawaan Fruityloops, untuk memilih berbagai instrumen dan cara membuat nada dengan instrumen tersebut.

PART 3    Memberi Efek Pada Instrumen

Sebuah lagu akan terasa hambar jika tidak dibalut dengan efek-efek yang membantu membuat lagu kita terdengar lebih indah dan hidup. Dalam Tutorial ini kita akan belajar memberikan efek pada setiap instrumen yang telah kita buat.

PART 4    Recording Menggunakan Fruityloops

Software Fruityloops juga bisa digunakan untuk merekam berbagai instrumen seperti gitar, bass, piano dan vocal. Mempelajari tutorial ini akan berguna bagi kita yang ingin merekam permainan live kita sendiri. (Tutorial Part ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Part 4.1 dan Part 4.2)

Itulah bagian-bagian yang akan dibahas dalam tutorial ini. Selanjutnya untuk dapat mengikuti tutorial dengan baik ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Di bawah ini adalah list apa saja yang harus dipersiapkan:

  1. Komputer desktop/laptop
    • 2Ghz Intel Pentium 4 / AMD Athlon 64 (or later) compatible CPU with full SSE2 support.
    • 32 or 64 Bit versions of Windows 8, Windows 7, Vista, XP (with service pack 3)
    • 1Gb RAM or more recommended
    • 1Gb free harddisk space
    • Windows-compatible soundcard with DirectSound drivers. ASIO drivers are required for audio recording (FL installer comes with generic Asio4All drivers)

    • More Info

    Pada dasarnya software pembuat musik memerlukan performa komputer yang tinggi, tapi untuk mengikuti tutorial dasar ini menurut saya belum memerlukan komputer berperforma tinggi. Menggunakan laptop pun tidak menjadi masalah.
  1. OS Windows 7

  2. Untuk kemudahan mengikuti tutorial ini disarankan menggunakan OS windows 7, namun jika tidak memungkinkan Anda bisa menggunakan OS lainnya.
  1. Stereo Speaker
  2.  
Computer Speaker
    Mendengar lagu pada speaker biasa seperti loudspeaker handphone tentunya kita tidak bisa mendengar lagu secara utuh (suara bass dan detail instrumen tak terdengar). Hal ini disebabkan range frekuensi pada speaker handphone sangat terbatas. Berbeda dengan speaker dengan subwoofer, speaker jenis ini memiliki frekusensi yang luas, artinya kita dapat mendengar suara lagu lebih detail. Disarankan Anda menggunakan speaker komputer yang memiliki subwoofer atau menggunakan Headphone yang memiliki jangkauan frekuensi luas.
  1. Software Fruityloops
  2. Pembuatan tutorial ini menggunakan versi FL Studio 10. Namun saat ini sudah rilis FL Studio 11, namun saya rasa tutorial ini masih relevan untuk digunakan karena tidak ada perbedaan signifikan antara FL Studio 10 dengan FL Studio 11. Lebih detail tentang versi terbaru dari Fruityloops dapat dibaca pada artikel berjudul "Apa Saja Fitur Baru pada FL Studio 11?
    Untuk perkenalan FL Studio 11 (Demo Version) bisa Anda Download di Artikel Fruityloops Studio – Produksi Lagu Menjadi Lebih Mudah.
  1. Kabel Jack 1/4 dan Jack 1/8 (3.5mm) mono dan Microphone (Untuk recording)

  2. Kabel jack dan microphone hanya diperlukan untuk recording. Dan akan dijelaskan secara detail pada tutorial recording.

Setelah membaca semua penjelasan di atas tentu Anda ingin tahu apa saja manfaat yang akan didapat setelah berhasil mengikuti tutorial ini.
  1. Diharapkan kita dapat membuat lagu secara utuh.
  1. Kita akan mengerti bagaimana mengoperasikan software musik (DAW) khususnya Fruityloops. Pengertian ini akan mempermudah kita jika ingin mencoba DAW merk lain seperti Cubase, Pro Tools, Ableton dll.
  1. Jika kita punya Grup Band, kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan kocek untuk rekaman ke studio.
  1. Jika kita dapat menguasai tutorial ini kita akan mendapatkan skill tambahan yang bisa menjadi alternatif profesi Anda di masa mendatang. Sebagai musisi, sound engineer, music composser atau arranger.
  1. Kita sering sekali mengeluh dengan kondisi musik di Indonesia saat ini, melayu? Boyband? Girlband? Cinta melulu? Dari pada mengeluh lebih baik kita membuat lagu sendiri yang siapa tahu dapat membawa perubahan pada Industri musik Indonesia.
Untuk sementara sekian dulu pembukaan tutorial membuat lagu dengan software Fruityloops. Setelah selesai saya tunggu di Tutorial PART 1 Membuat Beat Drum Menggunakan Fruityloops.

Catatan: Saya telah membuat daftar isi yang sangat berguna untuk memberikan gambaran runtut secara keseluruhan dari tutorial membuat lagu dengan Fruityloops. Daftar isi tutorial dapat diakses melalui link berikut:

Daftar Isi Tutorial Membuat Lagu (Fruityloops)

40 comments:

  1. thanks atas artikelnya yang keren ini..

    ReplyDelete
  2. Mantap Bro penjelasannya...
    Siap mendengarkan lagu buatan sendiri :D

    ReplyDelete
  3. contennya bagus dan bermanfaat, terus sukses, gan

    ReplyDelete
  4. Sangat-sangat membantu,..
    Saya pasti akan terus markir di tutorial-tutorial anda selanjutnya.
    Terimakasih banyak atas kerja kerass anda membuat tutorial ini dan rela membagi ilmu anda dengan seikhlas2 nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya udah mampir. Semoga bermanfaat :) Mampi-mampir juga ke website siapa tahu bisa dapat inspirasi untuk berkarya dari situ ;)

      Kalau ada yang mau ditanya jangan sungkan.

      Thanks

      Delete
    2. Siap suhu..
      O ya maaf ya suhu tutorial ini udah q copy ke blog ku..
      Walau pun telat minta izin tapi gpp dari pada ga sama sekali..
      Hehhe..

      Delete
    3. Gak masalah, asal jangan lupa sumbernya ya :)

      Makasi

      Delete
  5. kita sering sekali mengeluh dengan kondisi musik di Indonesia saat ini, melayu? Boyband? Girlband? Cinta melulu? Yak, dari pada mengeluh lebih baik kita membuat lagu sendiri yang siapa tau dapat membawa perubahan pada Industri musik Indonesia. Hehehe… Amin…

    hahah mantap bang :p

    ReplyDelete
  6. Kalau edit lagu bisa ga nih om admin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. edit lagu bisa. Kalau boleh tahu edit yang seperti apa ya? :)

      Delete
    2. Mematikan suara penyanyinya :D

      Delete
    3. Cara kerja menghilangkan vokal adalah dengan mematikan frekuensi tertentu menggunakan Equalizer dan sejenisnya. Tapi pada prakteknya vokal dalam sebuah lagu yang sudah berbentuk mp3 atau audio lainnya tidak dapat sepenuhnya hilang, karena semua instrumen sudah menjadi satu, dampaknya vokal yg hilang 100% akan membuat instrumen lainnya juga hilang atau instrumen terselamatkan vokal tidak hilang 100%.

      Jika ingin menghilangkan vokal bisa gunakan efek equalizer di Fruityloops melalui Mixer, artinya Anda mengerjakannya secara manual yang memerlukan kejelian.

      Saran saya ada banyak software khusus yang dapat secara otomatis menghilangkan vokal. Bisa dicari di google :)

      Thanks

      Delete
    4. kalo mau mamatikan suara vokal pakai virtual dj bisa kok

      Delete
  7. Mau tanya, kalo cara ngeremix lagu yang udah jadi(mp3) itu diubah apa dulu yaa? Lagunya dibongkar semua, seperti yang biasa-biasa para produce. Makasihh. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, saya juga kecewa, tidak ada cara untuk membongkar lagu yang sudah menyatu dalam semua format audio (mp3, wav dll.).

      Tapi klo mau sedikit maksa kita bisa mengedit frekuensi audio menggunakan equalizer di beberapa aplikasi audio, salah satunya fruityloops. Saya tidak menyarankan ini karena perlu kejelian ekstra dan hasil yang memang tidak memuaskan.

      Kalau mau belajar remix bisa gabung di Indaba Music. Di situ Anda bisa ikut kompetisi remix dan mendapatkan mentahan lagu (instrumen yang terpisah) yang bisa Anda remix.

      Selamat Mencoba :)

      Delete
  8. kak maaf sebelumnya kalau mengganggu waktunya, kak saya boleh minta tolong sama kakak tidak kak? terima kasih

    ReplyDelete
  9. cara downloadny gimana

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Yang saya tahu bisa dibeli langsung dari site resmi FL Studio (beli online). Pake Kredit Card/Paypal tentunya. Bisa juga dicari di toko2 CD software komputer terdekat di kota masing2 (ex: Jakarta bisa di Point Square, Bandung bisa cari di BEC dll.)

      Delete
  11. Replies
    1. Maaf, apanya ya premium? ikutin tutorial ini gratis kok :)

      Delete
  12. sangat bermanfaat, terima kasih mas atas segala infonya, semoga Tuhan membalas kebaikan anda :)

    ReplyDelete
  13. Gan kalo pake FL studio yang 11 tutoril sama pluginya sama atau tidak dengan yang FL studio 10?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum ada waktu untuk inspeksi ke FL 11, tapi dari pengalaman FL8 ke FL9 dan FL10 gak terlalu signifikan perbedaannya. Untuk plugin dasar FL sejak FL 7 masih sama hingga 10. Semoga saja FL 11 tidak drastis perbedaannya. Tapi saya rasa masih bisa digunakan tutorial ini, karena istilah2nya pasti tidak berubah.:)

      Delete
  14. gan,,, abang admin,,, habis aku buat, trus aku simpen. tapi kok gak bisa dibuka...?? mohon penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas, link download yg saya sediakan merupakan demo version. Supaya bisa save projek lagu harus pake yg full version :)

      Delete
  15. Gan bsa minta penjelasanx,??? aku dah download FL 11.03....lumayan da sdkit ngrti...tpi aku lgi bingun,,mw simpan tpi suruhanx harus diregister dulu...jdi cpe jga,,udah bwt malah ilang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sama seperti penjelasan kepada Bung Iqbal sebelumnya, Link download software y saya sediakan merupakan demo version. Untuk simpan projek lagu harus menggunakan full version. Bisa beli software asli langsung dari site resmi FL Studio atau bisa juga cari di toko2 software terdekat di kota Anda. Jangan pake yg "bajakan" ya ;)

      Trims

      Delete
  16. Terima kasih mas ats ilmu nya..... mau belajar ni... he..21x

    ReplyDelete
  17. apa programnya bisa d download di internet..????/

    ReplyDelete
  18. Hatur Nuhun Gan Ilmunya... :)
    &
    Sukses Terus Gan !!!

    ReplyDelete
  19. Manteb...., di update dunk tutorialnya...,

    Ini kebetulan yang saya cari.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mas Izham. Terima kasih udah mampir. Karena kesibukan mohon maaf belum sempat mengupdate tutorialnya. Tapi akan saya usahakan ;) Jangan bosen main-main ya mas.

      Thanks

      Delete
  20. Mantap Bro.
    Jual jasa ne bro, yg mau di arransemen lagunya silahkan mampir di :
    search aja : Andika Music Production

    ReplyDelete